Cara Membuat Twitter Client dengan Dabr


MEMBUAT APLIKASI CLIENT TWITTER DENGAN DABR

1. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai?

-Domain, Bagi yang sudah punya domain bisa digunakan langsung, bisa digunakan pada domain utama (domainutama.com) atau subdomain (subdomain.domainutama.com). Bagi yang belum punya bisa beli dulu ya :).

-Hosting, hosting ini harus sudah support beberapa fitur, karena jika ada fitur yang tidak support maka proses pembuatannya akan error, berikut ini beberapa fitur yang harus support :

* PHP 5.2+
* curl PHP module
* mcrypt PHP module
* mod_rewrite apache module

Apabila fitur diatas belum aktif maka bisa di bicarakan dulu dengan CS dari pihak hosting, biasanya mereka akan memberikan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur diatas.

2. Download DABR ->DOWNLOAD DABR dan kemudian upload ke server hosting anda, dan kemudian ekstrak, pastikan semua ekstrakan terdapat di luar folder, jadi ketika anda sudah mengekstrak DABR maka yang terekstrak adalah folder yang isinya script DABR, nah script tersebut silahkan anda pindahkan supaya berada diluar folder tadi.

3. Daftarkan dulu aplikasi yang mau kita buat untuk mendapat API twitter, untuk memperolehnya silahkan login ke -> http://twitter.com/apps

KETERANGAN PENGISIAN:

* Application Name : Nama aplikasi, nama aplikasi ini nantinya muncul pada tulisan “via”, misal anda memberi nama : Imorv, maka nanti ketika aplikasi tersebut dipakai maka di bagian kanan bawah akan ada tulisan “Via : Imorv”

* Application Website : Nantinya di application name tersebut memiliki link ke arah link yang anda isi disini.

* Application Type : Browser

* Callback URL : Isi ditempat anda menginstal/mengupload DABR yang sebelumnya anda download pada langkah 3 tadi.

* Default Access Type : Read&Write

* Use Twitter for Login : Yes

4. Setelah kita mendaftarkan aplikasi kita di twiiter, maka nantinya kita akan mendapatkan kode API yang berguna untuk kita pakai nanti, yaitu Consumer Key dan Consumer Secret Key.

5. Pada aplikasi DABR yang tadi anda bisa cek file bernama config-sample.php, nah setelah itu silahkan anda ubah file tersebut menjadi config.php. kemudian buka file tersebut, lalu silahkan isikan kode API yang sebelumnya sudah anda dapatkan, caranya sebagai berikut:

// Cookie encryption key. Max 52 characters
define(‘ENCRYPTION_KEY’, ‘Example Key – Change Me!’
// OAuth consumer and secret keys. Available from http://twitter.com/oauth_clients
define(‘OAUTH_CONSUMER_KEY’, ‘masukkan Consumer Key di Sini
define(‘OAUTH_CONSUMER_SECRET’, ‘masukkan Consumer Secret di Sini

6. Buka domain tempat anda melakukan upload DABR tadi. Jika terjadi error silahkan konsultasikan dengan CS nya, kalau belum selesai juga bisa ditanyakan kepada saya, berikan pesan errornya.

7. Jika sudah dapat dibuka dan tidak terjadi error maka anda sudah dapat menggunakan aplikasi client milik anda sendiri, untuk contoh bisa dilihat di http://imorv.com

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: